cover
Contact Name
YOHANES BARE
Contact Email
bareyohanes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
SPIZAETUS.BIO@GMAIL.COM
Editorial Address
JL. KESEHATAN, NO 03, KELURAHAN BERU, KECAMATAN ALOK TIMUR, KABUPATEN SIKKA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR 86111
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 2716151X     EISSN : 2722869X     DOI : -
Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah dipublikasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII Yosefina Sizi; Yohanes Bare; Rofinus Galis
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.30

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik materi system gerak manusia kelas VIII SMP. Kajian penelitian yang diadaptasi adalah Quasi Eksperimen dengan rencangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, kelas VIII D yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan peserta didik dan tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan presentase keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,38 dengan kriteria tinggi dan pada kelas kontrol yaitu 65,59 dengan kriteria sedang. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji–t, memperoleh hasil 0,001
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekologi Kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere Elfrida Peni Beribe; Rofinus Galis; Yohanes Boli Tematan
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.40

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada Materi Ekologi kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refeleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang pada kelas X IPS 2. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan tes hasil belajar kognitif siswa berupa pre-test dan post-test. Hasil Belajar Kognitif Siswa setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar kognitif siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Data tes hasil belajar kognitif siswa menunjukan rata-rata nilai Posttest sebesar 87,03 sedangkan nilai Pretest sebesar 48,88. Hasil analisis data Observasi aktivitas siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,48 dan hasil tersebut tergolong sangat aktif. Kondisi ini memberikan informasi bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Ekologi kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere. Kata Kunci : Aktivitas; Hasil Belajar Kognitif; Think Pair Share
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA DI SMA ST. GABRIEL MAUMERE Maria Patrisia Ivonie Babang
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa SMA St. Gabriel Maumere kelas XI IPA berjumlah 57 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random samplling. Sampel penelitian masing-masing berjumlah 19 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Ancova dan Mancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses sains terhadap keterampilan proses sains.
PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI HISTOLOGI HEWAN V. Ivana Rosdianti; Paidi Paidi
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.28

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengasilkan: virtual laboratory yang layak digunakan untuk materi histologi sistem sirkulasi dan virtual laboratory yang efektif untuk meningkatkan pemahaman keterampilan proses sains. Jenis penelitian adalah Research and Development Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk dan tes pemahaman keterampilan proses sains. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t dengan probabilitas
Keanekaragaman Arthropoda Musuh Alami Hama Tanaman Kakao (Theobroma Cacao L.) Pada Perkebunan Polikultir Di Desa Hokeng Jaya Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Maria Mardiana Nona Wangge; Oktavius Yoseph Tuta Mago
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.32

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh produktivitas tanaman kakao (Theobromacacao  L.)  yang rendah, akibat hama dan penyakit yang menyerang tanaman kakao (Theobroma cacao  L.) Penelitian bertujuan untuk menghitung indeks kelimpahan, menganalisis indeks keanekaragaman, menentukan indeks kemerataan, dan mengetahui indeks dominansi arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami hama tanaman kakao (Theobroma cacao  L.) di Desa Hokeng Jaya Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Metode sampling dengan cara menelusuri wilayah gugus sampling menggunakan transek garis pada dua stasiun dan setiap stasiun ditarik 5 transek. Sampel dikumpulkan menggunakan teknik perangkap jebak dan teknik koleksi langsung. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu jenis arthropoda dan data kuantitatif yaitu indeks kelimpahan, indeks keanekaragaman, indeks kemerataan, indeks dominansi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 14 spesies arthropoda Delapan (8) spesies yang ditemukan termasuk dalam kelompok arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami. Arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami hama tanaman kakao (Theobroma cacao L.) yaitu, semut rangrang (Oechopylla smaradigma), semut hitam (Dolichoderus thoracicus), semut merah (Solenopsis), laba-laba serigala (Aranea sp.), laba-laba penenun sutra (Nephila pilipes), capung (Anax junius), jangkrik (Gryllodea), kelabang (Scolopendra gigantae). Semut rangrang (Oechopylla smaradigma) memiliki populasi tertinggi yaitu dengan indeks kelimpahan 25,766%. Sedangkan laba-laba penenun sutra (Nephila pilipes) memiliki indeks kelimpahan terendah 0,365%.Indeks keanekaragaman pada stasiun I memiliki nilai indeks 2,103 dan stasiun II dengan nilai indeks 2,063 menunjukan indeks keanekaragaman sedang. Indeks kemerataan pada stasiun I memiliki nilai indeks 0,796 dan stasiun II dengan nilai indeks 0,781 menunjukan indeks kemerataan stabil. Indeks dominansi pada stasiun I memiliki nilai indeks 0,164 dan pada stasiun II dengan nilai indeks 0,172 menunjukan indeks dominansi rendah. Kata Kunci  : Arthropoda; Hokeng Jaya; Kakao; Musuh Alami
EFEKTIFITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.) Febrianus Albert Viany Bela; Sukarman Hadi Jaya Putra; Mansur S
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.29

Abstract

Pemanfaatan Pupuk Organik cair adalah salah satu cara dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L.). Pemberian Pupuk Organik Cair pada media tanam dengan konsentrasi larutan yang berbeda dapat memberikan respon pertumbuhan yang berbeda pada tanaman sawi. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi larutan Pupuk Organik Cair terhadap pertumbuhan tanamana sawi (Brassica juncea L.). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 5 kali ulangan, perlakuan terdiri dari 2 faktor yaitu faktor 1 adalah Pupuk Organik Cair, sedangkan faktor 2 adalah penggunaan konsentrasi larutan Pupuk Orrganik Cair dengan konsentrasi yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu: K1= tanpa konsentrasi pupuk, K2 = perlakuan dengan konsentrasi 10% ml/ polibag, K3= perlakuan dengan konsentrasi 20% ml/polibag, K4= perlakuan dengan konsentasi 30% ml/polibag, K5= perlakuan dengan konsentrasi 40% ml/ polybag. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, dan jumlah daun tanaman sawi (Brassica juncea L.). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Pupuk Organik Cair dilihat dari faktor KI menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata (α > 0,05), sedangkan dilihat dari faktor K2 menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair dengan konsentrasi yang paling tinggi yaitu 40% ml/ polibag. Menunjukkan hasil yang relatif paling tinggi terhadap pertumbuhan tanaman sawi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6